Langsung ke konten utama

Jalan – jalan yuk ke Danau Toba dan Berastagi

Setelah seminggu mulai dari tanggal 11 January 2013 sampai 18 January 2013 jalan-jalan di medan ditemani oleh @nde_itink dan keluarga. Oleh karena itu sekarang saya waktunya untuk sedikit nulis tentang wisata yang ada di Medan, khususnya Danau Toba dan Berastagi.

Indonesia memang kaya akan kekayaan alam yang tidak saja berupa potensi tambang, hutan, dan sumber daya lain, namun juga potensi wisatanya juga sangat tinggi. Indonesia sudah sangat dikenal diluar negeri sebagai negeri yang indah dan ramah. Tempat-tempat wisata yang paling terkenal di Indonesia adalah pulau Bali, Lombok, Jogja, dan banyak lagi. Salah satu tempat yang juga sangat terkenal ada terletak di Sumatra, yaitu danau Toba. Danau Toba mempunyai keindahan yang sangat mempesona dan bahkan Pulau Samosir yang berada ditengah-tengah Pulau Samosir adalah satu-satunya pulau ditengah pulau yang ada didunia.

Pemandangan Danau Toba

Jalan – jalan yuk ke Danau Toba dan Berastagi
Jalan – jalan yuk ke Danau Toba dan Berastagi
Keindahan danau Toba sudah terkenal dimana-mana dan untuk mencapai Danau Toba tidaklah sulit karena sudah banyak angkutan umum yang menuju kesana dan jalan-jalan juga tergolong bagus untuk dilewati mobil. Danau ini adalah sebenarnya sebuah kawah gunung dan oleh sebab itu danau toba juga disebut danau vulkanik. Danau Toba sangat luas, hampir 1.145 kilometer persegi luasnya. Karena luasnya, danau ini malah mirip lautan dan dalamnya danau juga mencapai 450 meter. Danau ini terbentuk oleh letusan sebuah super volcano atau gunung super ribuan tahun lalu. Saking kuatnya letusan, terbentuk kawah yang akhirnya sedikit demi sedikit diisi oleh air hujan sehingga menjadi seperti sekarang.

Di Sekitar danau Toba ada air terjun yang tidak kalah memukaunya, air terjun sipiso-piso, kami menyempatkan diri untuk melihat keelokan air terjun sipiso-piso dari dekat. Bahkan kami membulatkan tekat untuk turun ke dasar di mana tempat jatuhnya air terjun tersebut guna menikmati sejuknya air dari dekat.

Jalur menuju danau Toba sangat mudah. Ada dua jalur utama yang bisa anda lalui yaitu jalur Medan – Siantar – Danau Toba yang bisa ditempuh selama 4 jam atau jalur Medan – Berastagi – Danau Toba. Kedua rute memberikan pengalaman yang berbeda-beda. Jalur pertama akan membawa anda melewati kota-kota terbersih di Sumatra. Anda akan sulit ,menemukan sampah di kota-kota yang anda lewati dijalur pertama,apalagi saat dikota Pematang Siantar, anda bahkan tidak akan menemukan sampah berserakan. Anda akan sangat senang melewati kota-kota tersebut. Sementara jika anda anda memilih jalur kedua, anda akan bisa mampir ke Berastagi. Wisata ke Berastagi tidak kalah asyiknya dengan wisata ke danau Toba itu sendiri.

Ini ada beberapa hasil jepretan saya sendiri

Taman Alam Lumbini
Di Berastagi anda akan menikmati sejuknya udara pegunungan yang masih segar dan bersih. Anda bisa memenuhi paru-pari anda dengan oksigen segar yang membuat tubuh sehat. Sebaiknya anda memakai jaket saat di Berastagi karena memang sangat dingin udara disana. Saat anda mampir wisata ke Berastagi, jangan lupa anda harus berbelanja buah dan sayur. Asyiknya lagi, anda bisa langsung memetik buah dan sayur yang anda inginkan dari kebun-kebun yang ada. Buah-buahan yang paling terkenal di Berastagi adalah markisa. Markisa ini banyak dijual dalam bentuk buah segar ataupun dalam bentuk sirup. Silahkan beli yang sesuai dengan keinginan anda. Bahkan anda juga akan bisa menikmati indahnya hamparan kebun teh yang berbau wangi serta menikmati banyak jajanan dari pasar-pasar tradisional yang ada di Berastagi. Saat di Berastagi, jangan lupa untk menikmati pemandangan disekitar anda seperti pemandangan gunung berapi Sinabung dan Sibayak yang lokasinya tidak jauh dari Berastagi. Selain tempat yang sejuk, Berastagi ternyata juga terkenal dengan ait terjunya seperti air terjun Sipiso Piso yang terletak 24km dari Kabanjahe, jalur ke Berastagi. Setelah Berastagi, anda akan melihat sekilas danau Toba dari puncak bebukitan sebelum benar-benar sampai ke danau yang indah tersebut, sekejap, capek anda akan hilang melihat keindahan danau yang biru. Apalagi jika anda datang pada saat sunset atau sunrise, danau ini akan menjadi jauh lebih indah. Selamat menikmati liburan anda di Danau Toba.
Jalan – jalan yuk ke Danau Toba
Jalan – jalan yuk ke Danau Toba
 
Danau Toba dan Berastagi
Danau Toba dan Berastagi 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona Paris Pink di Pantai Tangsi

Pantai Pink Lombok sebenarnya bukan temuan baru untuk Destinasi dan Objek Wisata Lombok. Pantai yang sebenarnya bernama Pantai Tangsi ini disebut sebagai Pantai Pink karena warna pasirnya yang di dominasi oleh warna Pink.  Pantai yang berlokasi di desa kecil Sekaroh, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur ini merupakan bagian dari Pantai Tanjung Ringgit, namun karena lokasi dan infrastruktur Jalan yang mungkin kurang memadai sehingga Pantai Pink ini menjadi tidak terekspose media dan wisatawan. Tangsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan dengan kata “asrama” atau “barak”. Entah bagaimana sejarah awal mulanya, namun jika melirik dari keadaan lingkungan sekitarnya, mungkin di tempat ini dulunya adalah lokasi yang dijadikan markas tentara Jepang. Hal itu dibuktikan dengan adanya gua buatan dan juga sebuah Meriam peninggalan Penjajah Jepang. Satu hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Tangsi / Pantai Pink adalah pasirnya yang berwarna Pink alias Merah Muda. Jika  dan di Indo

Objek Wisata Cilacap

Berikut dibawah ini adalah daftar Objek Wisata Cilacap atau tempat wisata Cilacap yang mungkin belum pernah anda kunjungi bersama keluarga maupun sahabat anda. Pulau Nusakambangan Pulau Nusamkambangan, adalah sebuah pulau terkenal yang berada di sebelah selatan kota tercinta Cilacap. Pulau ini bersebrangan dengan Pantai Teluk Penyu yang juga terdapat tempat wisata sejarah Benteng Pendem.   Pantai Pasir Putih Untuk menuju Pantai Pasir Putih Cilacap ini wisatawan harus berjalan kaki menelusuri jalan yang sudah dibangun trap – trap dari paving blok sepanjang 600 m dari Pantai Permisan naik ke arah timur dan turun sampai pantai pasir putih dengan jarak 1 km. Gugusan batu karang di Pantai Pasir Putih yang membujur ke timur diselimuti ombak nan putih menambah indahnya panorama alam pantai pasir putih.   Gunung Srandil Gunung srandil Cilacap adalah bukit yang ada di Glempangpasir Kecamatan Adipala jarak antara obyek wisata dengan Kota Cilacap 30 Km kearah timurlaut dan relatif mudah di

Tempat Wisata di Tasikmalaya

Berikut dibawah ini adalah informasi tentang tempat wisata yang berada di kabupaten Tasikmalaya : Masjid Agung Manonjaya Makam Syeh Abdul Muchyi Kampung Naga Jembatan Kuno Cirahong Gunung Galunggung Gua Daha Curug Dengdeng Curug Citiis Batu Pancangkeupan Cipanas Cipacing Masjid Agung Manonjaya 12 km dari pusat kota, dibangun pada 1834 oleh R.T. Danuningrat di masa Kerajaan Sukapura, cikal bakal Tasikmalaya. Makam Syeh Abdul Muchyi adalah tempat ziarah berupa gua dan makam di Desa Pamijahan, Kec Bantarkalong, 65 Km dari pusat Kota Tasikmalaya. Konon Syeh Abdul Muchyi adalah murid Syeh Abdul Khodir Jaelani. Kampunbg Nagaini terletak di Desa Neglasari, Kec Salawu, 30 km dari Kota Tasikmalaya berupa permukiman tradisional Sunda, dicapai dengan menuruni 360 anak tangga berkelok hingga ketepi sungai Ciwulan dengan kemiringan 45 derajat. Jembatan Kuno Cirahong merupakan sebuah objek wisata yang terletak di Kec Manonjaya yang didirikan oleh Belanda pada tahun 1893, berfung

Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garut : Setelah cukup lama topik seputar objek wisata yang ada di Garut,Jawa Barat tidak ku bahas,maka pada malam ini blog tempat wisata akan mengajak anda untuk kembali berwisata lagi di daerah Garut. Dan wisata kita kali ini akan diawalai dari Garut selatan dengan tema Pantai Santolo. Pantai Santolo merupakan sebuah objek wisata bertema pantai yang cukup poluler namanya di Garut. Pantai yang kerap menjadi tempat berlibur masyarakat Garut ketika tahun baru tiba ini berlokasi di Garut sebelah selatan. Menikmati panorama pantai serta biota laut adalah aktivitas wisata yang dapat dilakukan disini. Dan jika pengunjung ingin menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang, ini bisa dilakukan dengan menyewa perahu. Selain itu, disini juga bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. Fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.