Langsung ke konten utama

Objek Wisata Cilacap

Berikut dibawah ini adalah daftar Objek Wisata Cilacap atau tempat wisata Cilacap yang mungkin belum pernah anda kunjungi bersama keluarga maupun sahabat anda.
  1. Pulau Nusakambangan

    Pulau Nusamkambangan, adalah sebuah pulau terkenal yang berada di sebelah selatan kota tercinta Cilacap. Pulau ini bersebrangan dengan Pantai Teluk Penyu yang juga terdapat tempat wisata sejarah Benteng Pendem.
     
  2. Pantai Pasir Putih

    Untuk menuju Pantai Pasir Putih Cilacap ini wisatawan harus berjalan kaki menelusuri jalan yang sudah dibangun trap – trap dari paving blok sepanjang 600 m dari Pantai Permisan naik ke arah timur dan turun sampai pantai pasir putih dengan jarak 1 km. Gugusan batu karang di Pantai Pasir Putih yang membujur ke timur diselimuti ombak nan putih menambah indahnya panorama alam pantai pasir putih.
     
  3. Gunung Srandil

    Gunung srandil Cilacap adalah bukit yang ada di Glempangpasir Kecamatan Adipala jarak antara obyek wisata dengan Kota Cilacap 30 Km kearah timurlaut dan relatif mudah ditempuh dengan kendaraan penumpang bus umum jurusan Cilacap-Jatijajar-Kebumen atau kendaraan pribadi karena jalannya sudah beraspal dan dekat dengan jalan lintas selatan-selatan. Gunung ini setiap hari dikunjungi orang untuk berziarah oleh karena tempat tersebut tidak hanya dikenal oleh masyarakat sekitar saja tetapi sampai keluar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan, Bali. dan Sulawesi, maka yang berkunjung tujuannya bermacam-macam. Para peziarah biasanya berkunjung atau bertapa pada Malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon pada Bulan Syura.
     
  4. Pantai Singkil Indah

    Meskipun cukup terbilang jauh, pesona alam Singkil Indah yang Eksotis dapat membayar semua keletihan yang di rasakan selama perjalanan. Pantai bening yang ditingkahi deburan Ombak merupakan bagian dari keEksotisan Singkil Indah. Suasana saat Matahari terbenam (sunshet) juga menjadi pesona tersendiri bagi pengunjung khususnya kalangan Muda-Mudi yang sedang kasmaran. wisata Pantai Singkil Indah terletak di Desa Karangpakis, Kecamatan Nusawungu, yang letaknya sekitar 3 Km dari pantai Ketapang Indah.
     
  5. Air Panas Cipari

    Objek wisata Pemandian Air Panas Cipari berada sekitar 68 kilometer sebelah barat Kota Cilacap, tepatnya di Desa Cipari, Kecamatan Cipari.Tempat wisata ini merupakan sebuah sumur yang airnya relatif panas dan mengandung belerang, sumur ini berada di belakang rumah yang berbentuk "L". Bangunan ini dibangun pada tahun 1948 yang bertujuan sebagai objek wisata pemandian.
     
  6. Curug Cigombong

    Curug Cigombong ini terletak di Desa Sadabumi, Kecamatan Majenang, Cilacap, yang lokasinya berada di dalam kawasan hutan milik Perhutani.
     
  7. Gua Bendung

    Wisata Gua Bendung memiliki panjang sekitar 150 m, lebar 10 m, dicapai melalui Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Seleko menuju Desa Klaces, dilanjutkan dengan berjalan kaki satu jam. Bisa naik kendaraan 45 menit dari Dermaga Sodong.
     
  8. Gua Masigitsela

    Wisata Gua Masigitsela berada di Pulau Nusakambangan, dengan stalakmit dan stalaktit indah, serta mata air di dalam gua, stalakmit Kasur Nabi Sulaiman dan dinding batu tempat pertapaan Aji Saka.
     
  9. Benteng Pendem

    Wisata Benteng Pendem ini memiliki luas 6,5 ha, 500 m dari Pantai Teluk Penyu, dibangun Belanda secara bertahap pada 861-1879, dilengkapi barak, klinik, penjara, ruang amunisi, lubang tembak dan terowongan,tertimbun tanah sedalam 1-3 m.
     
  10. Gua Ratu dan Gua Putri

    Wisata Gua Ratu dan Gua Putri terletak di perbukitan kapur Pulau Nusakambangan bagian tengah, dengan panjang 4 km, lebar 20 m, dihiasi stalaktit dan stalakmit. Di dalam Gua Ratu terdapat batu Ganda Mayit dan Batu Selendang Mayang.
     
  11. Gua Ronggeng

    Wisata Gua Ronggeng terletak di Pelawangan sepanjang 60 m, lebar 10 – 20 m , di ujung barat Pulau Nusakambangan, dicapai lewat Majingklak dengan perahu Compreng 30 menit, lalu berjalan kaki 10 menit sampai ke mulut goa.
     
  12. Gunung Selok

    Wisata Gunung Selok bisa anda temukan keberadaannya di Desa Karangbenda, Adipala, dengan ketinggian 150 mdpl, dicapai dengan naik angkutan dari terminal Adipala; ada gua dan benteng peninggalan Jepang, petilasan Padepokan Jambe Lima dan Padepokan Jambe Pitu.
     
  13. Segara Anakan

    Wisata Segara Anakan merupakan kawasan laguna seluas 40 ha di belakang Pulau Nusa Kambangan; dicapai dengan perahu nelayan, dengan ekosistem rawa bakau yang memiliki komposisi dan stuktur hutan terlengkap di Pulau Jawa.
     
  14. Seleko

    Seleko adalah sebuah dermaga kecil yang langsung menghadap hutan bakau di barat Cilacap, dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan saat matahari terbenam di batas cakrawala.
     
  15. Pelabuhan Tanjung Intan

    Wisata Pelabuhan Tanjung Intan yang merupakan satu-satunya pelabuhan samudra yang berada di bagian selatan Pulau Jawa menghadap Samudra Indonesia dan Benua Australia.
     
  16. Kampung Laut

    Kampung Laut adalah sebuat tempat berlibur berupa rumah panggung di atas permukaan air laut, di daerah hutan bakau Segara Anakan, dicapai dari dermaga Seleko, 4 jam dengan perahu compreng, atau 2 jam dengan perahu motor.
     
  17. Museum Soesilo Soedarman

    Wisata Museum Soesilo Soedarman ini terletak di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya yang menyimpan koleksi benda-benda yang dimiliki oleh keluarga besar Soesilo Soedarman.
     
  18. Pantai Jetis

    Wisata Pantai Jetis berada di Desa Jetis, Nusawungu, 40 km dari Kota Cilacap, dengan gelombang Laut Selatan, dan pemandangan pegunungan kapur sepanjang hampir 3 km; pengunjung bisa melihat panorama muara Kali Bodo.
     
  19. Pantai Ketapang Indah

    Wisata cPantai Ketapang Indah ini lokasinya bisa anda temukan di Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun, dengan pemandangan pantai yang ditumbuhi pohon kelapa di sepanjang bibirnya, dan panorama debur ombak Laut Selatan.
     
  20. Pantai Permisan

    Wisata Pantai Permisan terletak di Pulau Nusakambangan dengan pemandangan ombak Laut Pantai Selatan, panorama pulau kecil, karang, Batu Syahrir; dicapai dengan naik perahu dari Pelabuhan Lomanis atau Pelabuhan Wijayakusuma menuju Sodong, dilanjutkan jalan darat.
     
  21. Pantai Ranca Babakan

    Wisata Pantai Ranca Babakan ini lokasinya terletak di ujung barat Pulau Nusakambangan, 35 km dari dermaga Sodong; bisa dicapai dari Pelabuhan Seleko dengan Perahu Compreng, turun di pantai dekat Plawangan, dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan tikus.
     
  22. Pantai Teluk Penyu

    Wisata Pantai Teluk Penyu terdapat di Kecamatan Cilacap Selatan, 2 Km dari pusat kota Cilacap, membentang dari Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap sampai ke Pulau Nusakambangan, dengan ombak Laut Selatan dan pemandangan kapal-kapal keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan.
     
  23. Pantai Widarapayung

    Tempat berlibur Pantai Widarapayung dilengkapi dengan kolam renang dan gardu pandang, berada di Desa Widarapayung, Kecamatan Binangun, sekitar 35 km dari Kota Cilacap, yang bisa diakses dengan naik bus umum jurusan Cilacap – Gombong.
Itulah beberapa daftar tempat rekreasi Cilacap atau tempat berlibur yang ada di Cilacap.. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesona Paris Pink di Pantai Tangsi

Pantai Pink Lombok sebenarnya bukan temuan baru untuk Destinasi dan Objek Wisata Lombok. Pantai yang sebenarnya bernama Pantai Tangsi ini disebut sebagai Pantai Pink karena warna pasirnya yang di dominasi oleh warna Pink.  Pantai yang berlokasi di desa kecil Sekaroh, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur ini merupakan bagian dari Pantai Tanjung Ringgit, namun karena lokasi dan infrastruktur Jalan yang mungkin kurang memadai sehingga Pantai Pink ini menjadi tidak terekspose media dan wisatawan. Tangsi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan dengan kata “asrama” atau “barak”. Entah bagaimana sejarah awal mulanya, namun jika melirik dari keadaan lingkungan sekitarnya, mungkin di tempat ini dulunya adalah lokasi yang dijadikan markas tentara Jepang. Hal itu dibuktikan dengan adanya gua buatan dan juga sebuah Meriam peninggalan Penjajah Jepang. Satu hal yang menjadi daya tarik dari Pantai Tangsi / Pantai Pink adalah pasirnya yang berwarna Pink alias Merah Muda. Jika  dan di Indo

Objek Wisata Demak

Di bawah ini adalah beberapa Objek Wisata Demak yang tentunya bisa anda kunjungi ketika waktu libur anda tiba. Makam Sunan Kalijaga Tempat bersejarah Makam Sunan Kalijaga ini bisa anda temukan di Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, sekitar 1,5 Km dari Masjid Agung Demak menuju arah tenggara. Makam Sunan Kalijaga banyak di kunjungi peziarah khususnya pacia malam Jum'at kliwon. Di tempat ini pula pada tanggal 10 Zulkijah dilaksanakan penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijaga.   Masjid Agung Demak Masjid Agung Demak merupakan ssebuah mesjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid Agung Demak ini terletak di desa Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan agama Islam ditanah Jawayang disebut dengan Walisongo. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi.   Pantai Morosari Objek Wisata Pantai Morosari merupakan sebuah objek wi

Pantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garut : Setelah cukup lama topik seputar objek wisata yang ada di Garut,Jawa Barat tidak ku bahas,maka pada malam ini blog tempat wisata akan mengajak anda untuk kembali berwisata lagi di daerah Garut. Dan wisata kita kali ini akan diawalai dari Garut selatan dengan tema Pantai Santolo. Pantai Santolo merupakan sebuah objek wisata bertema pantai yang cukup poluler namanya di Garut. Pantai yang kerap menjadi tempat berlibur masyarakat Garut ketika tahun baru tiba ini berlokasi di Garut sebelah selatan. Menikmati panorama pantai serta biota laut adalah aktivitas wisata yang dapat dilakukan disini. Dan jika pengunjung ingin menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang, ini bisa dilakukan dengan menyewa perahu. Selain itu, disini juga bisa menikmati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. Fasilitas yang dibutuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau.